Selasa, 09 April 2019

Resensi novel If You Know Why by ItsmeINDRIYA_ | Biodata, Resensi, Kelebihan, Kekurangan dan Kesimpulan

         Assalamualaikum Wr.Wb
       Hello guys aku kembali setelah beberapa bulan tidak memposting apapun, akhirnya aku memutuskan untuk memposting. Kali ini aku akan membuat sebuah resensi novel yang mungkin tidak asing lagi ditelinga kalian. Yaaa novel apalagi kalau bukan If You Know Why. Jadi lebih baik kalau kita mulai saja.

Judul buku    : If You Know Why
Penulis           : Indriya
Penerbit         : Loveable
Cetakan         : Keempat, 2014
Tebal              : 528 halaman
Harga             : Rp 99.500,-
ISBN               : 978-602-6922-83-0

Resensi
         Novel ini merupakan novel yang diangkat dari Wattpad. Novel yang menceritakan sang tokoh utama, Vanilla Arneysa yang berumur 16 tahun kembali ke negara keluarga kandungnya berasal yakni Indonesia, karna setelah dirinya diangkat oleh keluarga angkatnya, ia tinggal di Jerman.
         Vanilla mempunyai beban hidup yang begitu banyak mulai dari masalah keluarga kandungnya yang tidak menganggap dirinya bagian dari keluarga tersebut, kematian Kevin sahabatnya 2 tahun lalu akibat kecelakaan mobil yang membuat Vanilla merasa bersalah karna ia bersama Kevin saat kecelakaan itu terjadi, hingga penyakit ginjal yang dideritanya membuatnya kerap menangis, tetapi ia tidak ingin kalau orang-orang disekitarnya tahu bahwa ia sebenarnya tidak sekuat apa yang mereka pikirkan.

         "Apa yang bakalan lo lakuin kalau gue pergi jauh?"
        "Gue bakalan ikut ke mana pun lo pergi."
        "Kalau lo gak bisa ikut gue, gimana?"
        "Gue bakalan nunggu lo sampai lo kembali."
        "Kalau gue gak kembali?"
        "Gue-"
        "Gue minta lo lupain gue dan jangan ingat gue lagi."

         Di negara asalnya dia menjadi siswi baru di SMA Nusa Bangsa. Di sekolah ini juga ia bertemu sahabat lamanya Raquell dan juga seseorang yang merubah hari-harinya menjadi lebih berwarna yakni Davarianova Pramudya Pamungkas.
         
        "Jujur, aku benci kehidupanku dan aku lebih memilih mati dibanding hidup seperti ini. Sampai aku bertemu dirinya. Orang yang menjadi alasanku bertahan, orang yang mampu mengembalikan semangat hidupku, dan orang yang mampu mambuatku lupa akan semua masalahku. Dia Dava, Davarianova Pramudya Pamungkas. Satu-satunya penyemangat hidupku. Aku bersyukur karena Tuhan mempertemukanku dengannya sehingga aku masih bisa merasakan masa-masa indah di kehidupan remajaku. Mungkin jika aku pergi nanti, aku akan merindukan itu semua."

Kelebihan
         Konflik yang tidak semuanya tentang percintaan inilah yang membuat novel ini berbeda dengan novel-novel Teen fiction lainnya. Konflik yang terdapat didalam novel ini juga menyeret konflik keluarga. Bahasa sehari-hari yang digunakan membuat novel mudah dipahami juga menjadi kelebihan dari novel ini.

Kekurangan
        Banyak sekali typo didalam buku ini, kalau typo-nya sedikit masih bisa ditoleransi tetapi ini banyak sekali ditemukan. Terdapat kesalahan penempatan nama tokoh yang membuat bingung sehingga harus membaca berulang-ulang kali agar dapat memahaminya. Konflik yang terlalu banyak malah membuat alur ceritanya sulit untuk dipahami ditambah lagi dengan jalan cerita yang lambat dan diulang-ulang yang hanya menambah halaman saja. Terdapat banyak kata berbahasa inggris yang tidak ditulis miring atau italic. Ukuran huruf yang kecil juga ketebalan novel membuat seseorang berpikir sebelum membaca novel ini.

Kesimpulan
          Kesimpulannya adalah novel ini layak dibaca karena konflik didalamnya mengajarkan bahwa seberat apapun masalah yang kita hadapi pasti ada jalan untuk menyelesaikannya. Walaupun terdapat banyak kekurangan tetapi novel ini bisa menjadi referensi untuk kalian baca.





           Sekian resensi tentang novel If You Know Why yang aku buat, semoga bermanfat juga buat kalian. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang sopan disini saya tidak bermaksud menyinggung siapapun karena apa yang saya tulis diatas sesuai dengan pendapat saya. See you guys❤❤❤

           Wassalamualaikum Wr. Wb



2 komentar: